PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) Prosedur Pelaksanaan PTK
1.Menyusun proposal PTK.
Dalam kegiatan ini perlu dilakukan kegiatan pokok,yaitu:
1.1 mendeskripsikan dan menemukan masalah PTK dengan berbagai metode atau cara,
1.2 menentukan cara pemecahan masalah PTK dengan pendekatan strategi,media,atau kiat tertentu,
1.3 memilih dan merumuskan masalah dan cara pemecahannya,
1.4 menetapkan tujuan pelaksanaan PTK sesuai dengan masalah yang ditetapkan,
1.5 memilih dan menyusun perspektif konsep dan perbandingan yang akan mendukung dan melandasi pelaksanaan PTK,
1.6 menyusun siklus-siklus yang berisi rencana-rencana tindakan yang diyakini dapat memecahkan masalah yang telah dirumuskan,
1.7 menetapkan cara pengumpulan data dan sekaligus menyusun instrumen yang diperlukan untuk menjaring data PTK,
1.8 menetapkan dan menyusun cara-cara analisa data PTK.
2.Melaksanakan siklus (rencana tindakan) di dalam kelas.
Dalam kegiatan ini diterapkan rencana tindakan yang telah disusun dengan variasi tertentu sesuai dengan kondisi kelas.Selama pelaksanaan tindakan dalam siklus dilakukan pula pengamatan dan refleksi.
Pelaksanaan tindakan,pengamatan,maupun refleksi dapat dilakukan secara beriringan bahkan bersamaan.Semua hal yang berkaitan dengan hal tersebut perlu dikumpulkan sebaik-baiknya.
3.Menganalisis data yang telah dikumpulkan baik data tahap perencanaan,pelaksanaan tindakan,pengamatan maupun refleksi.
Analisis data ini harus disesuaikan dengan rumusan masalah yang telah ditetapkan.
Hasil analisis data ini dipaparkan sebagai hasil PTK.Setelah itu,perlu dibuat kesimpulan dan rumusan saran.
4.Menulis laporan PTK yang dapat dilakukan bersamaan dengan kegiatan menganalisis data.
Dalam kegiatan ini pertama-tama perlu ditulis paparan hasil PTK.
Paparan hasil PTK ini disatukan dengan deskripsi masalah,tujuan,dan kajian konsep atau teoritis.
Tulisan ini dikutip dari:
http://pakguruonline.pendidikan.net
(klik judul di atas)
Dalam kegiatan ini perlu dilakukan kegiatan pokok,yaitu:
1.1 mendeskripsikan dan menemukan masalah PTK dengan berbagai metode atau cara,
1.2 menentukan cara pemecahan masalah PTK dengan pendekatan strategi,media,atau kiat tertentu,
1.3 memilih dan merumuskan masalah dan cara pemecahannya,
1.4 menetapkan tujuan pelaksanaan PTK sesuai dengan masalah yang ditetapkan,
1.5 memilih dan menyusun perspektif konsep dan perbandingan yang akan mendukung dan melandasi pelaksanaan PTK,
1.6 menyusun siklus-siklus yang berisi rencana-rencana tindakan yang diyakini dapat memecahkan masalah yang telah dirumuskan,
1.7 menetapkan cara pengumpulan data dan sekaligus menyusun instrumen yang diperlukan untuk menjaring data PTK,
1.8 menetapkan dan menyusun cara-cara analisa data PTK.
2.Melaksanakan siklus (rencana tindakan) di dalam kelas.
Dalam kegiatan ini diterapkan rencana tindakan yang telah disusun dengan variasi tertentu sesuai dengan kondisi kelas.Selama pelaksanaan tindakan dalam siklus dilakukan pula pengamatan dan refleksi.
Pelaksanaan tindakan,pengamatan,maupun refleksi dapat dilakukan secara beriringan bahkan bersamaan.Semua hal yang berkaitan dengan hal tersebut perlu dikumpulkan sebaik-baiknya.
3.Menganalisis data yang telah dikumpulkan baik data tahap perencanaan,pelaksanaan tindakan,pengamatan maupun refleksi.
Analisis data ini harus disesuaikan dengan rumusan masalah yang telah ditetapkan.
Hasil analisis data ini dipaparkan sebagai hasil PTK.Setelah itu,perlu dibuat kesimpulan dan rumusan saran.
4.Menulis laporan PTK yang dapat dilakukan bersamaan dengan kegiatan menganalisis data.
Dalam kegiatan ini pertama-tama perlu ditulis paparan hasil PTK.
Paparan hasil PTK ini disatukan dengan deskripsi masalah,tujuan,dan kajian konsep atau teoritis.
Tulisan ini dikutip dari:
http://pakguruonline.pendidikan.net
(klik judul di atas)
Komentar
Posting Komentar
Terimakasih atas kunjungan Anda ke BARCHETO PUTRA