Karya Para Siswaku

Sejak lama saya menginginkan untuk bisa menampilkan postingan berupa hasil karya siswaku di blog ini namun tidak pernah terwujud.
Tadi, 5 menit sebelum pelajaran berakhir saya coba menantang anak-anakku dengan tugas membuat puisi dalam tempo singkat. Puisi yg bagus akan akan ditampilkan di internet. Siapa yang tidak mau?
Siswa Kelas V
Ternyata, dari dua puluh anak hanya tiga anak yang mampu menyelesaikan puisinya dan inilah hasil karya mereka:

Motang Rua

Motang Rua,
Kau pahlawan Manggarai
Tak pernah lelah
Berjuang mengusir penjajah
Demi daerah tercinta

Meskipun kau dibuang
Jiwa dan semangatmu
Tak pernah mati
Jadi teladan buat aku dan semua

Motang Rua,
Sungguh besar jasamu
Aku bangga padamu

Oleh: Nino Lagut
___

Desaku

Desaku permai
Alamnya indah menawan
Udara sejuk dan segar
Di sana tempatku bermain
Aku bangga
Aku bahagia

Di antara gunung dan sungai
Sawah membentang luas
Desakupun makmur
Aman dan damailah rakyatnya

Desaku, Firdausku
Kuberjanji padamu
Merawat dan menjagamu
Sampai akhir hayatku

Terima kasih Tuhan
Ini semua karya dan anugerah-Mu
Kubersyukur pada-Mu.

Oleh: Sultry Baghong

___

Pak Guruku

Pak guruku ganteng
Pandai bermusik
Cuma di ruang tengah
Pak guruku ganteng
Pandai berdoa
Cuma di kamar tidurnya

Oleh: Ayu Salbin
___

Puisi-puisi Susulan:

Jangan Kau Bangga dengan Kekayaan

Jangan kau bangga
Dengan kekayaan
Sebab tak dapat kita bawa
Di akhirat nanti

Jangan kau bangga
Dengan kekayaan
Hingga engkau pun
Tak mengenal Tuhanmu

Jangan kau bangga
Dengan kekayaan
Sebab rezeki pemberian Tuhan
Bukan untuk kita sendiri
Melainkan untuk berbagi
Dengan yang berkekurangan.

Oleh: Kristin. Kasih
___

Ibu...!

Ibuku, cintaku
Engkau tlah membesarkanku
Sampai aku beranjak dewasa
Masa kecil pun kutinggalkan

Tapi, sayang...
Ibu terlalu cepat pergi
Ke alam yang tenang

Tiada lagi doa yang kudengar
Tiada lagi kasih sayang yang tercurah

Tapi, aku ikhlas
Karena ibu pergi
Menghadap Tuhan

Oleh: Ayu Salbin
___

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anak Kalok

PESONA DI LEMBAH PAKU

Keunggulan dan Kelemahan Bolt Browser