PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) Karakteristik PTK

Karakteristi PTK sebagai berikut:
1.Bersifat siklus,artinya PTK terlihat siklus-siklus (perencanaan,pemberian tindakan,pengamatan,dan refleksi) sebagai prosedur baku penelitian.
2.Bersifat longitudinal,artinya PTK harus berlangsung dalam jangka waktu tertentu (2-3 bulan misalnya) secara kontinu untuk memperoleh data yang diperlukan,bukan ''sekali tembak'' selesai pelaksanaannya.
3.Bersifat partikular-spesifik
Tidak bermaksud melakukan generalisasi dalam rangka mendapatkan dalil-dalil.Hasilnya pun tidak untuk digeneralisasi meskipun mungkin diterapkan oleh orang lain dan di tempat lain yang konteksnya mirip.
4.Bersifat partisipatoris,dalam arti guru sebagai peneliti sekaligus pelaku perubahan dan sasaran yang perlu diubah.Dalam hal ini berarti guru berperan ganda, yakni sebagai orang yang meneliti sekaligus sebagai orang yang diteliti pula.
5.Bersifat emik (bukan etik),artinya PTK memandang pembelajaran menurut sudut pandang orang dalam yang tidak berjarak dengan sasaran yang diteliti;bukan menurut sudut pandang orang luar yang berjarak dengan hal yang diteliti.
6.Bersifat kolaboratif atau kooperatif,artinya dalam pelaksanaan PTK selalu terjadi kerja sama atau kerja bersama antara peneliti (guru) dan pihak lain demi keabsahan dan tercapainya tujuan penelitian.
7.Bersifat kasuistik,artinya PTK menggarap kasus-kasus spesifik atau kasus-kasus tertentu dalam pembelajaran yang sifatnya nyata dan terjangkau oleh guru.
8.Menggunakan konteks alamiah kelas,artinya kelas sebagai ajang pelaksanaan PTK tidak perlu dimanipulasi dan atau direkayasa demi kebutuhan,kepentingan,dan tercapainya tujuan penelitian.
9.Mengutamakan adanya kecukupan data yang diperlukan untuk mencapai tujuan penelitian,bukan kerepresentatifan (keterwakilan jumlah) sampel secara kuantitatif.Sebab itu,PTK hanya menuntut penggunaan statistik yang sederhana bukan yang rumit.
10.Bermaksud mengubah kenyataan dan situasi pembelajaran menjadi lebih baik dan memenuhi harapan,bukan bermaksud membangun teori dan menguji hipotesis.




Tulisan ini dikutip dari:
http://pakguruonline.pendidikan.net
(Klik judul di atas)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anak Kalok

PESONA DI LEMBAH PAKU

Keunggulan dan Kelemahan Bolt Browser